Kamis, 07 November 2013

Sukses Meningkatkan Kepercayaan Diri

Kepercayaan diri sangat penting dimanapun Anda berada, kapanpun dan apapun latar belakang Anda untuk menunjang Anda sehari - hari. Contohnya, Anda sedang melakukan presentasi penjualan terhadap calon konsumen penting, tanpa memiliki kepercayaan diri, presentasi Anda menjadi kurang lancar dan meyakinkan. Alhasil apa yang ingin Anda katakan menjadi kurang sempurna dan kesempatan emas untuk dapat menutup transaksi bisa jadi gagal karena kurang menyakinkan. Sayang sekali, bukan?

Bagaimana meningkatkan kepercayaan diri? Berikut cara - cara yang dapat dilakukan:

- Buat diri menjadi enjoy, rileks dan merasa nyaman dengan diri sendiri dimanapun Anda sedang berada. Ketika pikiran sedang tidak tenang, cobalah untuk menutup mata sejenak, lupakan sejenak problema yang sedang dihadapi, tarik napas panjang dan buang napas, lakukan berulang - ulang agar pikiran dengan segera berubah menjadi rileks. Pikiran yang rileks dan tenang dipercaya dapat memecahkan masalah lebih baik dan dengan demikian kepercayaan diri Anda terhadap lingkungan sekitar Anda akan menjadi naik dengan sendirinya.

- Buatlah daftar persiapan dalam menghadapi hari - harimu, misalnya ketika akan melakukan pertemuan dengan salah satu orang penting, jangan panik, datanglah lebih awal agar tubuh Anda dapat beradaptasi dengan tempat/lingkungan, kuasai materi pertemuan Anda. Bila perlu siapkan daftar pertanyaan maupun jawaban yang kira - kira akan ditanyakan dalam pertemuan tersebut dan jangan lupa untuk selalu menjaga kontak mata dengan lawan Anda.

- Selalu menjaga penampilan yang rapi, bersih & menarik agar Anda dapat selalu percaya diri setiap saat. Bayangkan jika penampilan Anda tidak segar, berantakan, bisa - bisa Anda sudah dijauhi terlebih dahulu oleh lingkungan Anda. Selain tidak sedap dipandang, bagi sebagian orang penampilan yang berantakan ini mengganggu mereka. Dengan sikap lingkungan sekitar yang menjauhi Anda ini, secara otomatis akan membuat kadar percaya diri Anda menurun.

- Positive thinking & optimis. Selalu berusaha untuk berpikir secara positif, jangan dengarkan komentar - komentar negatif yang mencoba mempengaruhi pemikiran Anda dan optimis dalam menghadapi keadaan bahkan yang paling buruk sekalipun. Ada saat - saat dimana mental kita benar - benar diuji untuk menurunkan rasa percaya diri. Diamlah sejenak untuk berpikir secara jernih dan segeralah untuk berpikir secara positif agar kepercayaan diri kembali naik.

- Ikut ambil bagian. Pernahkah Anda mengikuti kelas training atau kursus dimana Anda tidak mengenal sama sekali pesertanya? Ketika hal itu terjadi, cobalah melihat sekeliling Anda, duduk di sebelah orang yang kelihatan ramah, berinteraksilah dimulai dari dia kemudian lainnya. Ajukanlah diri Anda untuk menjadi pengurus kelas atau aktiflah didalam kelas, dimana secara otomatis akan menaikan kadar kepercayaan diri Anda.

- Upgrade pengetahuan Anda melalui surat kabar, internet maupun buku - buku. Seiring dengan bertambahnya pengetahuan membuat Anda selalu nyambung berbicara dengan orang - orang sekitar Anda dan membuat pede tentunya.  

Demikian tips untuk meningkatkan kepercayaan diri, semoga dapat berguna dan dapat diaplikasikan sehari - hari.


Salam,

Yossie N

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sales dan Marketing merupakan bidang yang menarik, menantang dan perlu di explore karena selalu bergerak dinamis. Sales dan marketing merupakan aktivitas yang tidak membosankan menurut saya :)
Menantang terutama ketika kita bicara market dan sales target, menjadikan mental sekeras batu karang, dan kita tidak bisa berhenti dalam mencari strategi - strategi baru yang kreatif nan segar untuk berkarya.
Silahkan sharing mengenai ide, komentar atau hal lainnya dengan saya.
Terima kasih