Dengan semakin naiknya biaya hidup yang semakin lama semakin tinggi, kita dituntut untuk bisa menjadi seorang yang kreatif dalam mencari uang. Kalau hanya mengandalkan gaji bulanan saja rasanya sulit, oleh karena itu salah satu solusi adalah menjadi Sales (tenaga penjualan); bisa tetap, bisa freelance.
Mengapa posisi sales menjadi alternatif pilihan yang baik? Karena menjadi sales tidak terikat dengan gaji bulanan, ia mempunyai penghasilan lebih karena keberhasilannya dalam menjual produk atau jasa. Bisa jadi gaji bulanan yang ia dapatkan hanya untuk biaya operasional hari - harinya. Sedangkan penghasilan terbesar, ia dapatkan dari komisi yang ia dapat dari setiap transaksi penjualan.
Nah, bagaimana agar seseorang bisa menjadi tenaga penjualan yang berhasil? Seorang sales dituntut untuk dapat mempunyai teknik berkomunikasi yang baik dengan calon customer - customernya. Teknik berkomunikasi yang baik dan bukan teknik 'lebay' ya... Saya utarakan kata lebay, karena acapkali saya jumpai tenaga sales yang suka melebih - lebihkan isi produk atau jasa yang ia jual kepada customer agar jualannya cepat laku. Dari segi jangka pendek, tentu sangat menguntungkan karena mendapat uang secara cepat dari jualannya, namun sayangnya secara jangka panjang dapat membuat negatif customer karena customer merasa dibohongi, tertipu dan tidak puas. Ingat, customer yang merasa tidak puas akan membicarakan Anda kepada teman, tetangga, saudara dan lainnya sehingga dalam jangka panjang Anda telah mempunyai kesan negatif.
Bagaimana memulai langkah - langkah komunikasi yang baik? Ada 5 langkah sederhana dalam komunikasi yang dapat dipraktekan:
Pengenalan diri
Siapkan kalimat pedahuluan secara singkat ketika pertama kali berbicara
dengan calon konsumen. Kalimat pendahuluan berupa nama, nama perusahaan setelah
memperkenalkan nama dan perusahaan tempat bekerja, tanyakan kepada konsumen
apakah waktu saat ini merupakan saat yang tepat untuk berbicara dan menjelaskan
secara singkat mengenai produk yang ingin ditawarkan atau waktu tersebut
kurang tepat. Apabila konsumen menjawab dengan nada yang tidak begitu baik
kemungkinan waktu tersebut bukan saat yang tepat, jangan memaksa lebih lanjut
apalagi mencelanya katakan saja dengan sopan bahwa Anda akan menemuinya di
lain waktu. Tinggalkan kesan yang baik terhadap customer, kesan itulah yang akan mereka ingat ketika nanti bertemu Anda lagi.
Terkadang fokus terhadap satu
konsumen dan mengabaikan konsumen lain akan membuang waktu percuma dalam hari
itu. Apabila konsumen tidak tertarik dari perkenalan Anda, segera temui
lainnya. Masih banyak konsumen yang mau menemui Anda. Hanya saja butuh
tambahan semangat, kesabaran, kegigihan serta strategi yang tepat.
Setelah Anda diterima calon konsumen, jangan eforia terlebih
dahulu karena berhasil tidaknya suatu transaksi penjualan tergantung dari langkah komunikasi Anda selanjutnya.
Jelaskan melalui Presentasi
Persiapkan diri minimal satu hari
sebelum bertemu calon konsumen. Cobalah berlatih presentasi dengan teman, minta
teman untuk memberi pertanyaan – pertanyaan yang kira - kira ditanyakan oleh
calon konsumen. Memberikan penjelasan keunggulan – keunggulan produk atau jasa Anda secara singkat.
Dalam menjelaskan, sebaiknya tidak menjelek – jelekan produk atau jasa sejenis
lainnya / saingan Anda. Bersainglah secara sehat untuk memenangkan hati
konsumen dengan cara terhormat.
Jika memungkinkan bawalah fisik
produk untuk dapat dilihat secara langsung oleh konsumen. Timbulkan rasa ingin
memiliki terhadap produk yang Anda jual. Apabila jasa, Anda dapat membawa gambar - gambar contoh layanan yang Anda jual.
Buatlah Special
Setiap orang tentunya sangat
senang apabila dianggap special tidak terkecuali calon konsumen. Anda dapat menggunakan kalimat “Special 10 konsumen pertama akan
mendapat tambahan....” atau misalnya “Produk ini dibuat terbatas, hanya ada 1000
pcs”.
Bangun hubungan dengan konsumen
lebih dekat dengan bertanya tentang hobby atau keluarganya dengan singkat. Buat
calon konsumen kamu seperti berbicara dengan orang terdekatnya misalnya sahabatnya, anaknya.
Kedekatan itu penting, namun jangan sampai lupa dengan tujuan awal kamu,
yaitu jualan...
Plusnya tidak jarang customer
yang merasa dekat akan mereferensikan teman/sahabat, keluarga atau koleganya
untuk bisa di follow up dan biasanya karena direferensikan langsung, tingkat
keberhasilan transaksi penjualan lebih tinggi.
Jadikan Transaksi itu Terjadi!
The last but not the least, jadilah
kapten dalam perahu layar kamu yang sudah berjalan. Arahkan konsumen
kepada tujuan akhir dan tutup transaksi penjualan kamu dengan mantap.
Gandakan Penjualan Anda
Percepat terpenuhinya sales
target dengan menggandakan transaksi
penjualan dalam satu kunjungan konsumen. Seperti yang telah dijabarkan, mintalah
referensi seperti: teman, kolega, saudara atau lainnya untuk dapat difollow up
selanjutnya.
Berikan ide kepada konsumen untuk
membeli 2 produk atau lebih untuk dapat diberikan kepada saudara, sahabat
sebagai hadiah misalnya.
Jawab Tantangan Itu!
Adalah tantangan seorang sales
untuk dapat menghadapi cercaan, ketidaksukaan konsumen karena dianggap
mengganggu mereka. Namun disitulah mental seorang sales diuji, pada awalnya,
pasti akan timbul perasaan ‘down’, ingin segera quit dari pekerjaan dan mencari
pekerjaan lainnya yang lebih ‘aman’ dan sebagainya. Ingat - ingat tujuan Anda
mengapa Anda memilih menjadi sales dan nikmati setiap tantangan yang datang.
Seorang sales yang sukses memiliki mental baja yang tidak akan mudah putus asa
atau gampang menyerah hanya karena disindir atau mendapat pengalaman yang tidak
enak.
Teknik berkomunikasi tentunya
akan semakin terasah seiring dengan semakin banyaknya Anda bertemu
konsumen melakukan presentasi. Apabila sudah pernah berhasil menutup transaksi
penjualan, tidak ada salahnya mencatat momen tersebut, agar dapat dibaca
kembali pada saat sedang ‘down’ atau bosan, agar dapat semangat lagi. Apabila
belum berhasil, ingat momen yang kira – kira membuat tidak berhasil dan perbaiki
hal tersebut. Sharing pengalaman dengan teman – teman lain yang berhasil atau
bertanya dengan atasan bisa menjadi solusi bagi Anda dan solusi untuk kita yang
ingin menjadi tenaga pemasar yang sukses.
Salam Sukses,
Yossie N
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Sales dan Marketing merupakan bidang yang menarik, menantang dan perlu di explore karena selalu bergerak dinamis. Sales dan marketing merupakan aktivitas yang tidak membosankan menurut saya :)
Menantang terutama ketika kita bicara market dan sales target, menjadikan mental sekeras batu karang, dan kita tidak bisa berhenti dalam mencari strategi - strategi baru yang kreatif nan segar untuk berkarya.
Silahkan sharing mengenai ide, komentar atau hal lainnya dengan saya.
Terima kasih